Kesalahan-kesalahan
guru dalam mengelola kelas
Berdasarkan
pengalaman saya ketika saya melaksanakan KPPM baik KPPM yang pertama maupun
KPPM yang kedua di 2 SD yang berbeda. Banyak ditemukan kesalahan guru dalam
mengelola kelas, baik yang dilakukan oleh saya sendiri maupun rekan-rekan guru
senior pada waktu pengamatan bersama guru pamong, seperti:
1 1.
Tidak menguasai kelas
Kalau
seorang guru tidak menguasai, otomatis keadaan atau suasana diruang kelas tidak
kondusif untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, sehingga tujuan
pembelajaran dari materi yang disampaikan tidak akan mengena kepada siswa.
2.
Bermain handphone didalam kelas
Ketika
siswa sedang khusyuk dengan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru,
tiba-tiba handphone berdering, tentu saja hal ini mengganggu konsentrasi siswa
karena nada dering handphone yang menarik perhatian.
3.
Pembunuhan karakter
Disadari
ataupun tidak guru sering melakukan pembunuhan karakter terhadap siswanya.
Contoh kecil saja ketika si A ditunjuk untuk menjawab pertanyaan dari guru,
namun jawaban yang diberikan ternyata salah kemudian guru memastikan jawabannya
itu dengan siswa-siswa yang lain dan siswa yang lain itupun dengan serempak
mengatakan SALAH. Hal ini tentu saja telah melukai perasaan si A karena telah
dihakimi oleh teman-temnnya dengan kata salah yang dikomandoi oleh sang guru.
4.
Duduk diatas meja
Dimata
seorang siswa semua yang dilakukan guru adalah sesuatu yang baik. Namun
terkadang ketika guru mengajar dikelas sambil duduk diatas meja. Hal ini
berarti guru telah secara tidak langsung telah mengajarkan perilaku yang tidak
sopan.
5.
Pembelajaran berbasis CTL
Pembelajaran
CTL disini bukanlah pembelajaran berbasis contextual learning, tetapi
pembelajaran berbasis Catet Tinggal Lunga (catet tinggal pergi). Hal ini sering
dilakukan oleh guru terhadapa siswanya dikelas padahal siswa tidak akan
memahami materi pelajaran jika hanya dengan mencatat saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar